Posted by: teguhdepok | June 21, 2015

iPhone Bisa Jadi “DSLR”

sumber kompas.com

ALAT YANG MENGUBAH IPHONE JADI “DSLR”

Kamera pada iPhone termasuk bisa diandalkan untuk ukuran smartphone, tapi bagaimana jika pemiliknya membutuhkan tangkapan gambar lebih berkualitas dan tak mau membawa kamera digital berukuran besar?

0946212dxo780x390

Kebutuhan itulah yang agaknya dibidik oleh DXO Labs dengan merilis modul kamera khusus iPhone dan iPad bernama DxO One.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PetaPixel, Sabtu (20/6/2015), di dalam modul kamera yang terhubung ke perangkat melalui port lightning ini tertanam sebuah sensor CMOS BSI berukuran 1 inci dengan resolusi 20.2 megapixel.

Lensanya memiliki focal length 32 mm (ekuivalen 35mm) dengan bukaan f/1.8 dan iris 6 bilah. Semua komponen itu dimuat dalam kemasan setinggi 7 cm dan bobot 108 gram sehingga bisa muat dengan mudah di dalam kantung pakaian atau genggaman tangan.

0949319dxo2780x390

Meski ukurannya relatif kecil, DXO One diklaim mampu menghasilkan tangkapan gambar dengan kualitas setara kamera DSLR “full-frame”.

Karena tidak memiliki layar, DXO One mesti dipakai bersama dengan perangkat iPhone atau iPad, berikut aplikasi iOS pendamping yang terpasang di gadget mobile bersangkutan. DXO One bisa diputar 60 derajat ke arah depan dan belakang begitu terhubung melalui port lightning.

Pengguna melakukan framing dari layar smartphone atau tablet. Sejumlah parameter seperti aperture, shutter speed, dan ISO bisa diatur secara manual. Kemampuan lain termasuk perekaman video full-HD (1920×1080, 30 FPS) dan HD (1280×720, 120 FPS).

Modul kamera DXO One dijadwalkan mulai memasuki pasar pada September mendatang. Banderol harganya dipatok pada kisaran 600 dollar AS atau setara dengan Rp 8 juta.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: